Follow Us

Senin, 20 Februari 2012

Legenda Pocahontas

Kebanyakan dari kita mungkin mengenal Pocahontas dari film animasi Disney keluaran tahun 1995. Tapi apakah anda tahu kalau Pocahontas itu merupakan tokoh faktual?


Gue juga awalnya gak tahu. Karena jujur, gue saja nggak pernah 'khatam' nonton film animasi Pocahontas. Tapi setelah beberapa minggu yang lalu nonton film ‘The New World’ yang merupakan doku drama dari tokoh Pocahontas ini, gue yang penasaran tentang film tersebut, ingin tahu keluaran tahun berapa, dapat penghargaan apa saja (karena memang menurut saya screenplay nya bagus), jadi gue memutuskan untuk bertanya pada Om Google.

Gue pun inisiatif membuka Wikipedia, dari situlah kemudian muncul juga link untuk halaman ‘Pocahontas’. Gue kira yang dimaksud halaman untuk Pocahontas itu adalah halaman untuk karakter Pocahontas—gue tidak mengira kalau halaman itu ternyata untuk seorang tokoh non-fiksi, orang yang benar-benar pernah hidup.

Pocahontas, yang nama aslinya merupakan Matoaka (Menurut legenda, Pocahontas merupakan nama panggilan yang berarti ‘gadis nakal’), merupakan keturunan Indian Powhatan, suku yang menetap di negara bagian Virgina, Amerika Serikat. Ia merupakan putri dari Kepala Suku Powhatan, yang juga merupakan kepala dari persatuan suku-suku di reginal Tidewater Virginia.

Sama seperti di film-film yang dibuat berdasarkan kisahnya, menurut legenda, Pocahontas dikatakan telah menyelamatkan nyawa seorang penjelajah dari koloni Inggris yang pada saat itu sedang ditawan oleh sukunya, Captain John Smith, pada tahun 1607. Pocahontas menempatkan kepalanya sendiri di depan kepala Captain Smith saat ia akan dieksekusi oleh ayah Pocahontas.











Pocahontas menyelamatkan Captain Smith.



Pocahontas ditawan oleh koloni Inggris pada tahun 1613. Selama dalam tawanan, ia berpindah kepercayaan dan memeluk agama Kristen, dan mulai memakai nama ‘Rebecca’. Saat ada kesempatan untuk kembali ke sukunya, Pocahontas malah memilih untuk tetap tinggal dengan orang-orang Inggris. Namun jika di kebanyakan film-film Pocahontas diceritakan jatuh cinta pada Captain Smith, menurut legenda aslinya, Pocahontas dan Captain Smith tidak pernah memiliki hubungan asmara. Bahkan menurut buku jurnal milik Captain Smith, tertulis bahwa saat pertama kali bertemu Pocahontas, ia terlihat seperti ‘gadis kecil berumur kira-kira 10 tahun’. Di legenda aslinya, Pocahontas menikahi seorang pemilik ladang tembakau, John Rolfe. Mereka memiliki seorang putra bernama Thomas.

Pada tahun 1616, Pocahontas dan keluarganya diundang oleh Kerajaan Inggris untuk datang ke London. Di negara itu, Pocahontas dianggap sebagai ‘Putri dari Dunia Baru’. Ia menjadi semacam selebritis disana; diperlakukan secara khusus bak bangsawan.


Di tahun 1617, Pocahontas, suami, dan anaknya mulai berlayar untuk pulang ke Virgina, tetapi di perjalanan Pocahontas terserang penyakit yang tidak diketahui. Ia meninggal di Gravesend. Ia dimakamkan di Inggris, tetapi dimana letak persisnya tidak diketahui. Sejarawan masa kini berspekulasi kalau penyakit yang menyerang Pocahontas kemungkinan adalah Tuberkolosis (TBC), karena pada saat itu penyakit ini sedang mewabah dan belum ditemukan obatnya.


Ibu Negara Amerika Serikat Edith Wilson dan Nancy Reagan, astronom Percival Lowell, dan bintang reality TV Amerika, Benjamin Wade, merupakan keturunan-keturunan Pocahontas.



ADAPTASI FILM

Bagi teman-teman yang penasaran tentang kisah Pocahontas, tapi malas buat baca lewat web atau cari di buku sejarah yang tebal dari perpustakaan daerah, bisa kok nonton film-film yang menceritakan tentang si Princess of The New World ini.


Tapi perlu diingat, ada beberapa bagian dari film-film ini yang didramatisir sehingga lebih ‘enak’ dan lebih ‘berbumbu’ untuk ditonton. Jadi, sejarahnya tidak sepenuhnya ‘akurat’.


Menurut gue, film mengenai Pocahontas yang paling mendekati legenda aslinya ya ‘The New World’, yang tadi gue sebutkan. Tetapi film ini tetap memiliki bagian yang ‘menyimpang’ dari legenda aslinya, yaitu kisah cinta Pocahontas-Captain Smith yang sebenarnya fiktif. Bagi saya hal yang paling ‘berbeda’ dan menarik dari The New World adalah narasi dari Pocahontas sepanjang film. Kalimat-kalimat yang diucapkan tidaklah panjang, namun artinya cukup kompleks dan puitis.
















Poster ‘The New World’




The New World memiliki aktor-aktor yang bisa dibilang merupakan aktor papan atas Hollywood, seperti Collin Ferrel (Captain Smith), dan Christian Bale, alias Batman (John Rolfe). Sementara Pocahontas sendiri diperankan oleh Q’orianka Kilcher.



Biarpun grossingnya kecil, namun para kritikus film ini memberikan apresiasi yang tinggi untuk film ini. Bahkan, film ini juga dinominasikan untuk Piala Oscar (Academy Awards) dalam kategori ‘Best Achievement in Cinematography’. Selain itu film ini juga dianugerahi banyak penghargaan diantaranya National Board Review untuk Q'orianka Kilcher dalam kategori Best Breakthrough Performance by an Actress, San Diego Critics Society Awards dalam kategori Best Cinematography, ALMA Awards untuk kategori Outstanding Actress in a Motion Picture, dan lain-lain.

Selain ‘The New World’ ini, ada juga film Badlands—rilis 1973, Days of Heaven—rilis 1978, dan The Thin Red Line—rilis 1998. Mau nonton yang mana, terserah lo. Yang pasti, legenda Pocahontas ini cukup seru untuk diikuti, maupun ditonton 

2 komentar: